FORUM SENAT AKADEMIK PTN-bh 2016

Pada tanggal 26 dan 27 Mei 2016 Senat Akademik ITB telah memprakarsai penyelenggaraan Forum Senat Akademik Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-bh) yang pertama, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah (BPI) ITB. Forum dihadiri oleh Pimpinan Senat Akademik dari Sebelas Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, yaitu: Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Forum Senat Akademik PTN-bh dimaksudkan sebagai ajang komunikasi serta tukar pikiran dan pengalaman dari perguruan tinggi negeri yang telah beralih status menjadi badan hukum. Melalui forum ini best practices dan lessons learned dari masing-masing PTN-bh diharapkan dapat dijadikan rujukan dalam peningkatan peran dan fungsi Senat Akademik sebagai badan normatif PTN-bh.

Acara Forum Senat Akademik PTN-bh 2016 dibuka dengan sambutan dari Prof. Indratmo Soekarno selaku Ketua Senat Akademik ITB dan Prof. Bermawi Priyatna Iskandar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (mewakili Rektor ITB). Selanjutnya disampaikan presentasi dari dua orang narasumber, yaitu: Prof. Aris Junaidi, Direktur Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti; dan Prof. Djoko Santoso, Tim Kerja Pendidikan Profesi, Dewan Insinyur Indonesia. Setelah istirahat makan siang, setiap PTN-bh menyampaikan paparan mengenai kondisi Senat Akademik di institusi masing-masing, dilanjutkan dengan diskusi. Acara hari pertama ditutup dengan acara makan malam bersama dan ramah tamah, diiringi oleh live music keroncong.

Acara Forum Senat Akademik PTN-bh 2016 hari kedua diisi dengan diskusi parallel yang membahas isu tentang: 1) Organisasi dan program kerja Forum SA PTN-bh, 2) Kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 3) Fungsi dan tugas kegurubesaran, dan 4) Pola ilmiah pokok untuk membangun daya saing bangsa. Rangkuman hasil diskusi dilaporkan oleh Prof. Indarto (UGM) dan Prof. Tahir Kasnawi (UNHAS) kepada sidang. Selanjutnya Prof. Indratmo Soekarno selaku pimpinan sidang membacakan Deklarasi Bersama Forum Senat Akademik PTN-bh dan mengumumkan bahwa acara Forum Senat Akademik PTN-bh 2017 akan diselenggarakan oleh IPB. Forum ditutup dengan penyerahan cendera-mata dari Senat Akademik ITB kepada sepuluh Senat Akademik PTN-bh lainnya. Usai penutupan, peserta Forum berkesempatan untuk salat jumat bersama di Masjid Salman, dilanjutkan dengan acara makan siang dan ramah tamah.

Berita Terkait